Pasca Sarjana UNLA |
KURIKULUM MAGISTER MANAJEMEN Semester Pertama
Semester Kedua
Semester Alih Tahun
Semester Ketiga
*) Mata Kuliah Pilihan Semester IV
Silabus Mata Kuliah Manajemen Keuangan (3SKS) Memperkenalkan konsep-konsep dasar yang relevan dengan proses perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan, baik strategic manajerial maupun oparsional dalam bidang keuangan. Topik-topik yang dibahas antara lain aspek-aspek yang relevan dengan anggaran modal, analisis dan interpretasi laporan keuangan, manajemen modal kerja, struktur modal, leasing dan kebijakan deviden.
Manajemen Pemasaran (3SKS) Memperkenalkan konsep-konsep dasar yang relevan dengan proses perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan dalam bidang pemasaran, baik strategicmanajerial maupun operasiobal, antara lain mencakup profil produk, profil konsumen, profil persaingan, sementasi pasar, sasaran pasar, perencanaan, pengendalian serta pengukuran keefiktifan pasar, dan system informasi pemasaran.
Manajemen Operasi (3SKS) Memperkenalkan konsep, metode dan teknik yang inheren dalam proses perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan dalam system produksi serta merumuskan dan mengatur pelaksanaan kegiatan produksi. Topik-topik yang dibahas antara lain meliputi proses perencanaan dan pengendalian operasional.
Manajemen Sumber Daya Manusia (3SKS) Menjajaki berbagai teori serta praktek administrasi personalia dengan merujuk terutama pada pendekatan diagnosis, mengkaitkan kondisi eksternal, penetapan sasaran dan upaya-upaya yang diperlukan untuk mencapai sasaran sumber daya manusia dengan pembahasan fungsi-fungsi operatif MSDM pada masalahrekruitmen, retensi, system insentif dan perencanaan sumber daya manusia.
Ekonomi Manajerial (3SKS) Ekonomi manajerial memberikan teori dan metodologi yang dibutuhkan oleh para eksekutif dalam pengambilan keputusan usaha, dengan memanfaatkan konsep-konsep dan teknik-teknik yang biasa digunakan dalam teori ekonomi dan teori pengambilan keputusan. Topik-topik yang dibahas antara lain mencakup: optimasi ekonomi, analisis resiko, teori dan analisis biaya, analisis produk dan struktur pasar, analisis kebijakan harga, peraturan pemerintah dalam ekonomi dan perencanaan investasi.
Manajemen Strategik (3SKS) Memberikan pengetahuan, kemampuan serta keterampilan untuk merangkap berbagai konsep, metode dan teknik yangtelah dikembangkan dalammata pelajaran yangs ebelumnya kedalam konsep strategi. Melalui studi kasus, materi ajaran dirancang sedemikian rupa sehingga menampung interaksi dan keterpaduan diantara berbagai disiplin ilmu yang relevan dengan strategi. Fokus mata ajaran diorientasikan kearah peningkatan kemampuan dalam perumusan pemilihan strategi yang diperlukan ditinjau dari perspektif pimpinan puncak dan pimpinan fungsional perusahaan.
Aplikasi Statistik Bisnis (2SKS) Memberikan pengetahuan, kemampuan serta keterampilan dalam penggunaan metodologi statistic untuk menganalisis masalah-masalah bisnis dalam rangka membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan yang menyangkut fungsi-fungsi bisnis, baik meliputi statistic deskriptif, konsep-konsep probabilitas, pengujian hipotesis, statistic nonparametric, regresi sederhana dan berganda, serta penggunaan program-program computer dalam analisis statistic. Rancangan penelitian diidentifikasi melengkapi materi pengujian hipotesis.
Sistem Informasi Manajemen (2SKS) Memberi pengetahuan, pengetahuan serta ketrampilan yang diperlukan dalam proses analisis, perencanaan dan implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM), sebagai subsistem efektivitas perencanaan dan pengendalian organisasi yang terpenting. Topik-topik yang dibahas antara lain meliputi konsep system kerangka dasar SIM, berbagai subsistem perkantoran, system pendukung keputusan, pengelolaan data elektronik dan penguasaan beberapa program paket.
Perilaku Pelanggan dan Komunikasi Pelanggan (3SKS) Mahasiswa program magister manajemen khususnya yang mengambil konsentrasi marketing sangat penting untuk memahami pengaruh-pengaruh internal dan eksternal terhadap individu-individu yang mengambil keputusan untuk mengkonsumsi produk atau jasa. Bagi para marketer,perlu mengenal mengapa dan bagaimana individu-individu (konsumen) melakukan keputusan membeli dan ini sangat penting sebagai input di dalammelaksanakan strategi pemasaran. Perilaku konsumen mancakup: aplikasi-aplikasi perilaku konsumen untuk pemasaran strategik, segmentasi pasar, kebutuhan dan motivasi konsumen, kepribadian konsumen, persepsi dan sikap konsumen, pengaruh social budaya terhadap konsumen dan proses keputusan pembelian dari konsumen. Selain itu juga dibahas mengenai perluasan konsep perilaku konsumen terhadap organisasi yang berorientasi pada laba dan non laba serta kebijakan public. |